Euphorbia

Bunga cantik Warna bunga euphorbia yang sangat bervariatif, mulai dari warna dominant merah, kuning, hijau, atau putih dengan hiasan strip atau bercak di setiap kelopak bunganya atau bercak di setiap kelopak bunganya. Dari segi ukuran, varian asal negeri gajah putih lebih besar (3-5 cm) di banding jenis local. Jumlah bunga perdompolnya juga banyak, hampir menutupi tajuk-tajuknya sekedar contoh, “Siamese ruby”, “chameleon”, dan ,”dandelion” yang memiliki bunga besar dengan warna cerah Ada pula jenis “new snow white” yang bunganya besar dominant putih dengan warna merah di bibir kelopak bungannya. “red lable” yang berbunga kecil tetapi banyak. Hingga jenis “winter sonata” dan “big white” yang berwarna putih bersih, bagi penyuka warna lembut silahkan pilih jenis Varian euphorbia asal Thailand memang menonjolkan warna, ukuran dan kekompakan. Sementara varian asal Taiwan cendrung lebih atraktif, lihat saja pada chrismas yang berbunga kecil, tetapi bunganya sangat banyak menyebar di seluruh tajuknya. Jadi kalau di perhatikan variant dari Taiwan lebih atraktif.

bunga kembang sepatu

Kembang sepatu (Hibiscus Rosa Sinensis Linn) adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunganya besar dan tidak mempunyai bau/wangi. Pelbagai varieties, dan hibrid telah dihasilkan, dengan warna bunga dari putih, kuning, oranye, merah muda, merah, dan ungu dengan kelopak tunggal dan berganda. Tanaman ini berkembang biak secara vegetatif dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan. Kembang sepatu juga di sebut tanaman obat, karena memiliki kandungan kimia yang disebut flavonida, zat samak dan lender, yang memiliki khasiat anti inflamasi, diuretic, analgesic, sedative dan ekspetoran. Bagian tanaman yang dapat digunakan adalah daun, bunga, batang dan akar

Sri Rejeki Tangkai Pink

sri rejeki yaitu tanaman hias dengan nama ilmiah Aglaonema sp. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk beberapa varietasnya berasal dari Indonesia. Aglaonema berasal dari bahasa Yunani yaitu Aglos atau sinar dan nema atau benang. jadi aglaonema merupakan benang yang bersinar

Cemara Norfolk

Pada umumnya cemara merupakan tanaman daerah tinggi, tetapi ada juga jenis cemara yang masih bisa hidup pada cuaca panas di dataran rendah, antara lain jenis cemara kipas, cemara gembel, cemara lilin, pinus dan cemara norfolk. Jenis-jenis lainnya tidak akan tumbuh baik di lokasi tersebut.

• Kecepatan tumbuh pohon cemara relatif lambat dan sukar beradaptasi de-ngan lingkungan, sehingga kita harus mengawali penanaman sejak bibit setinggi 1 – 2 meter saja. Jika Anda menghendaki jajaran yang rapat dari pohon cemara, perlu ditanam rapat pada saat bibit ditanam untuk selanjutnya dijarangkan se-telah dia tumbuh merapat.

• Adakalanya para desainer taman membuat kiat dengan cara menanamnya bersamaan dengan proses awal pembangunan fondasi rumah, supaya dapat menghasilkan pohon yang ideal ukurannya bersamaan dengan selesainya pembangunan rumah tersebut.

• Tidak mudah mencari bibit cemara terutama jenis Cupressus, Malaleuca dan Podocarpus karena jarang digunakan sehingga tidak banyak kebun bibit yang memperbanyak bibitnya. Tetapi justru karena langka tersebut, maka kehadiran cemara pada sebuah taman menjadi karakter unik yang menambah nilai sebuah karya taman.

ANTHURIUM CARE

bunga ini cantik dan unik, pasti sangat cantik apabila bunga ini ada di taman atau halaman rumah kita.

manggis (Garcinia mangostana L.)

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, rasanya yang manis dan bentuk buah yang unik membuat buah ini menarik. Buah ini dikenal dengan buah hutan karena memang buah ini jarang ditemui dan hanya bias ditemui pada musim-musin tertentu.
Tanaman ini mempunyai khasiat Buah digunakan untuk mengobati diare, radang amandel, keputihan, disentri, wasir, borok; di samping itu digunakan sebagai peluruh dahak, dan juga untuk sakit gigi. Kulit buah digunakan untuk mengobati sariawan, disentri, nyeri urat, sembelit. Kulit batang digunakan untuk mengatasi nyeri perut. Akar untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Dari segi flavor, buah manggis cukup potensial untuk dibuat sari buah

mahkota dewa (Phaleria macrocarpa [Scheff.] Boerl.)

Asal tanaman mahkota dewa masih belum diketahui. Menilik nama botaninya Phaleria papuana, selain sebagai tamanan hias, tamanan ini juga digunakan sebagai tamanan obat.

Adapun SIFAT DAN KHASIAT Buah berkhasiat menghilangkan gatal (antipruritus) dan antikanker. Biji berracun. EFEK FARMAKOLOGIS DAN HASIL PENELITIAN Hasil penelitian menunjukkan bahwa bioaktivitas ekstrak buah mahkota dewa dengan metode BSLT yang dilanjutkan dengan uji penapisan antikanker in vitro terhadap sel leukemia 1210, menunjukkan toksisitas yang sangat tinggi dan potensial sebagai antikanker


ANGGREK MACAN (Grammatophyllum Speciosum)

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman hias yang satu ini, Anggrek, tanaman dengan bunga sejuta pesona dan berbagai julukan bagi si Cantik ini sebut saja “The Everlasting Flower, Bunga Simbol Cinta dan Kejantanan, Bunga yang tidak lekang oleh zaman dan selalu diminati sepanjang masa walau “ditekan” oleh berbagai tanaman hias lainnya yang mungkin tren sesaat sebut saja yang lagi booming saat ini yaitu si Daun “mesin uang/ATM” Anthurium.

Tanaman nan elok dan cantik ini juga tidak luput dari perhatian saya, terutama jenis-jenis yang tumbuh dihabitat aslinya di hutan atau yang lebih dikenal dengan Anggrek Spesies. Setiap langkah kaki saya ketika survey dan mandah di hutan saya mencoba untuk mendapatkannya apapun jenisnya baik yang menempel di pohon atau yang dikenal dengan Anggrek Epipit, tumbuh ditanah yang lembab lantai hutan (humus dan serasah) anggrek Sapropit dan Terestrial maupun yang tumbuh pada batu-batuan atau tanah berbatu dan tahan terhadap cahaya matahari penuh yang disebut juga Anggrek Litofit.

Temuan saya yang paling “membanggakan” dan sungguh diluar dugaan adalah ketika disebuah kelompok hutan di Riau saya bersama crew survey menemukan anggrek yang paling di cari (most wanted) yaitu ANGGREK MACAN atau dikenal juga dengan ANGGREK TEBU karena batangnya menyerupai ruas tebu.

Anggrek terbesar di dunia begitu julukan buat si Macan ini bisa mencapai panjang 15 ft; Satu rumpun tanaman pernah tercatat memiliki berat 2 ton. anggrek ini dikenal karena penampilannya yang luar biasa pada saat berbunga, walupun cuma berbunga dalam rentang waktu 2 sampai 4 tahun sekali, waktu yang cukup lama si “Eksotik” ini menampilkan kemolekannya dengan warna kuning krim dengan bintik coklat atau merah tua. Stem bunga dapat mencapai 6-9 in dengan 60-100 kuntum per tangkai.
Si Macan ini ditemukan oleh crew survey saya akhir Pebruari 2008, setelah saya datangi tempatnya untuk memindahkannya keluar dari habitat aslinya secara geografis berada di Lintang Utara(N) 01º 48’ 53” dan Lintang Timur (E) 100º 47’ 58”. Berdasarkan Administaratif Pemerintahan berada di Kelompok Hutan Daerah Aliran Sungai Rumbia Desa Teluk Bano I, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir, Propinsi Riau

Klasifikasi Ilmiah si “Eksotik Raksasa” ini adalah

KINGDOM : Plantae
DIVISI : Magnoliophita
KELAS : Liliopsida
ORDO : Asparagales
FAMILI : Orchidaceaae
GENUS : Grammatophyllum
SPECIES : Grammatophyllum Speciosum

Berdasarkan tempat tumbuhnya, anggrek ini termasuk anggrek Terrestial yaitu anggrek yang tumbuh pada tanah humus dihutan (lantai hutan /serasah yang lembab) sedangkan berdasarkan pertumbuhannya termasuk anggrek Monopodial yaitu pola tumbuhnya ke atas dari batang (steam), daunnya akan bertambah terus dari ujung batang selama hidupnya
Saat ini anggrek macan yang saya temukan tersebut, saya rawat dirumah dengan perlakuan “super hati-hati” baik pemeliharaan, perawatan serta media yang sesuai dengan tempat tumbuhnya (habitat) ditambah perlakuan pemberian pupuk serta tambahan vitamin yang dianjurkan untuk tanaman anggrek.
Si Raksasa ini saya tempatkan dalam dua pot besar masing-masing pot terdiri dua rumpun dengan ketinggian sekitar 40 – 60 Cm dengan diameter batang sekitar 8-12 Cm
Setelah tiga minggu saya rawat ditaman bunga halaman samping rumah , saya begitu terkejut dan sekaligus takjub, wawww..si macam yang sulit berbunga ini diujung batangnya keluar tangkai dan kuntum calon bunga, awalnya saya tidak menduga jika tangkai yang muncul dan kelopak ini adalah bakalan bunga, perkiraan saya adalah bertambahnya ruas si Macan ini, tapi setelah kelopak bunga ini membesar (pentil) bersama tangkainya saya yakin ini bakalan bunga yang berwarna eksotik tersebut.

Saya begitu tidak sabar menunggu “pentil” bunga ini mekar…apa warnanya dan akan bisa dinikmati sekitar 2 bulan lebih.

Karena anggrek ini dikategorikan langka dan dalam ancaman kepunahan, belum lagi perkembangbiakan alami di habitat dengan biji sangatlah sulit diandalkan karena lambatnya laju pertumbuhan dari fase biji hingga mencapai tanaman dewasa yang siap berbunga.
Anggrek in menghadapi ancaman serius dari perburuan tak terkendali serta kerusakan habitat. Sosok pohonnya yang sangat besar mudah terlihat oleh para pemburu, terlebih lagi saat memunculkan bunganya yang mencolok. Belum lagi perkembangbiakan alami di habitat dengan biji sangatlah sulit diandalkan karena lambatnya laju pertumbuhan dari fase biji hingga mencapai tanaman dewasa yang siap berbunga. Mungkin hal inilah yang mendasari kenapa anggrek ini menjadi salah satu species anggrek yang dilindungi.

Setelah saya mengetahui karakter dan sifat serta kelangkaan anggrek ini, dari berbagai literature dan tulisan di Internet seputar Anggrek, maka dengan hati yang tulus jika ada teman-teman yang terlibat dalam penelitian tanaman langka khususnya anggrek saya bersedia menyerahkan untuk dilakukan penelitian dan pengembangan atau budi daya agar anggrek ini tidak punah melalui langkah-langkah budidaya secara vegetatif maupun generatif.
Apalagi anggrek ini terkenal sangat mudah menumbuhkan tunas dari stek bulbnya. Setidaknya, dengan membudidayakannya secara vegetatif melalui perkembangbiakan tunas dari stek bulb, dapat menjadi salah satu alternative dalam upaya memelihara kelestarian anggrek alam Indonesia. (Eksitu)
Syaratnya sederhana saja, silahkan ambil ke Pekanbaru anggrek macan dirumah saya yang bakal berbunga dengan tujuan penelitian keaneka ragaman hayati Flora Indonesia, bukan tujuan komersil, sebagai imbalannya anggrek tersebut diganti dengan anggrek Hibrida botolan yang siap tanam jenis Dendrobium, Cattleya dan Vanda.
Seandainya nanti sukses dikembang biakan secara Generatif (Buah) dan Vegetatif maka saya meminta dikirimkan anakannya atau jika disilangkan dengan anggrek lain (Hibrida) tentunya saya berharap mendapatkan hasil silangannya ini.
Sedangkan satu rumpun lagi, saya akan coba memelihara dan merawatnya sebaik mungkin. Dari beberapa toko bunga yang saya jambangi di Pekanbaru mereka memang memelihara dan menjual anggrek macan ini, malah tumbuh secara “raksasa” tapi ya itu tadi jarang atau malah tidak ada bakal bunga, hanya batangnya yang seperti ruas tebu semakin membesar dan menjulang.
Ketika kabar anggrek macan yang saya punya ini bakal berbunga mereka berani menawar dengan harga yang cukup mahal, tapi hati kecil saya sebagai seorang “Forester” yang dididik dengan ilmu Konservasi (Keragaman Hayati dan Plasma Nutfah) saya tolak untuk menukarnya dengan sejumlah uang dan saya rela menyerahkan kepada lembaga atau institusi yang berkompeten dalam melindungi, menjaga serta membudidayakan tanaman hias langka dari Hutan Tropis Negara kita.

Si Macan

Kuntum Anggrek Macanku

Anggrek Macan

Anggrek_Macanku

Bakal Bunga Si Macan

Bunga Si Macan

anggrek macan

Bunga_SiMacan

Bunga_siMacanku


Bunga Teratai


Bunga Teratai lebih dikenal masyarakat dunia dengan nama Water lily. Namun bunga ini bukanlah jenis dari bunga Lily. Bunga ini adalah bunga dari tanaman yang hidup dan tumbuh di permukaan air. Tanaman ini dapat tumbuh di permukaan air yang tenang, seperti di kolam, sungai atau rawa. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang ingin memelihara bunga ini haruslah memiliki kolam untuk membudidayakannya.

Kateliya (Cattleya)

Click to see larger picture


Bunga Kamboja berasal dari Amerika Tengah dan banyak tumbuh di Meksiko dan Venezuela. Bunga ini lebih dikenal dengan nama Plumeria, yang diambil dari nama seorang ahli tanaman yang berasal dari Perancis dan terkenal pada abad ke-17, yaitu Charles Plumier. Sebelum terkenal dengan nama Plumeria, bunga Kamboja dikenal dengan nama Frangipani. Nama ini adalah nama seorang berkebangsaan Itali yang menemukan dan membuat minyak wangi dari bunga Kamboja di abad ke-16.

Kembang Sepatu

Bunga Sepatu Putih by amelia2705.

Kembang Sepatu berasal dari Asia Timur. Bunga ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena warna-warnanya yang cantik. Bunga ini merupakan jenis tanaman semak dan tumbuh di daerah yang suhunya hangat. Bunga tumbuh pada tanaman yang dapat mencapai ketinggian 2 sampai 5 meter. Daunnya mempunyai bentuk yang agak lebar dan bulat dengan ujung daun yang meruncing.

Bunga Tulip


Tulip

Bunga Tulip yang banyak tumbuh dan terkenal di negara Belanda, juga merupakan jenis bunga yang banyak dicari. Bunga ini tumbuh di musim dingin, dan tidak dapat tumbuh subur di tempat yang beriklim tropis.

Bunga Anyelir

Ketenaran bunga Anyelir hampir menyamai bunga Mawar, dan juga merupakan salah satu bunga yang paling populer di dunia. Bunga ini merupakan ekspresi dari suatu perasaan yang sentimental, kecantikan, serta kesegaran yang tahan lama. Bunga Anyelir kebanyakan berwarna merah muda, namun ada pula yang berwarna merah, putih, kuning dan hijau. Bentuknya bulat dengan komposisi beberapa bagian kelopak yang terpisah. Bunga ini tumbuh dan mekar di tiap tangkainya.

Bunga Melati (Jasmine)

Bunga yang tumbuh setiap tahun ini memiliki wangi yang sangat harum dan khas. Bunga ini tumbuh di daerah tropis dan mekar pada musim semi atau musim panas. Biasanya bunga ini kuncup pada malam hari dan akan mekar lagi pada pagi hari.

Bunga Anggrek

Lihat gambar ukuran penuh

Bunga Anggrek yang berasal dari spesies yang bernama Orchidaseae ini dikenal sebagai bunga yang tahan lama. Bunga ini juga sangat populer dengan keeksotikannya. Oleh karena itu banyak orang yang menjadikannya sebagai tanaman hias. Bunga Anggrek mempunyai banyak warna seperti ungu, merah keunguan, putih, dan kuning.

Bunga Aster

Sebuah taman bunga tidak lengkap bila tidak ada bunga Aster. Bunga dengan banyak jenis dan warna yang cantik ini mencerminkan keriangan, kegembiraan dan kesederhanaan. Apabila anda ingin berbagi keceriaan pada seseorang dengan bunga, maka bunga Aster adalah pilihan yang tepat.
Bunga Mawar

Click to see larger picture

Bunga Mawar merupakan bunga yang paling banyak dicari dan disukai oleh semua orang. Karena dengan warna dan bentuknya yang cantik, serta wanginya yang harum mampu menggugah perasaan seseorang. Oleh karena itu bunga Mawar merupakan bunga yang paling populer di dunia, dengan banyaknya jenis Mawar yang begitu memikat. Bunga Mawar disukai oleh orang tidak hanya untuk dipajang atau ditanam dalam vas atau pot bunga, tetapi juga dengan membuat kebun bunga Mawar

GAMBAR BUNGA YANG LAIN

Tinggalkan komentar